Copyright © Blue Flash
Design by Dzignine

RISOLERS KLATEN

Kamis, 11 September 2014

Mie Lethek “Mbah Mendes”

Cerita & Foto Oleh: Ph. Angga Purenda

           
Mie Lethek Goreng
Halo pembaca blog saya yang setia, kali ini saya akan membahas kuliner unik dari daerah Srandakan, Bantul, Yogyakarta yaitu mie lethek. Mie putih berwarna kusam (lethek) ini dibuat dari tepung tapioka yang dicampur gaplek dan kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Mie ini dibuat tanpa pemutih serta bahan pengawet, terlebih lagi prosesnya masih sangat tradisional.
Nah untuk menikmati seporsi mie lethek seharga Rp.14.000 ini kita gak usah jauh-jauh ke Bantul kok. Kita bisa menikmati Mie Lethek Mbah Mendes di daerah ringroad utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Warung yang letaknya di jalur lambat ini menyediakan mie lethek baik goreng maupun godhok. Selain itu ada plencing yaitu mie dengan kuah manis, pedas dari cabe dan tambahan potongan tahu putih.

Kebetulan malam itu saya bersama kakak memesan mie lethek goreng, plencing goreng dan godhok. Suasana warung Mbah Mendes ini sangat mendukung, gimana tidak? kesan tradisonal desanya sangat kental sekali sehingga kita merasakan seakan-akan disebuah joglo yang khas.
Plencing Godhog
Setelah menunggu beberapa lama akhirnya pesanan saya datang dan tentunya tak ketinggalan untuk mengabadikan moment penampakan dari mie lethek tersebut. Waktu itu saya memesan mie lethek goreng, ketika sudah mendarat di lidah rasanya bener-bener super enak. Cita rasa yang disajikan benar-benar pas, karena mienya sendiri tidak ada rasa pengawetnya, maka kekuatan pada campuran rempah-rempahlah yang memenangkan lidah saya. Tidak lupa saya juga mencicipi plencing goreng dan godhoknya juga tak kalah enak yang membedakannya hanya pada rasa pedasnya.
Mie yang dibuat dari proses yang sangat panjang dan tradisional ini tak salahnya untuk dinikmati untuk kalian para pecinta kuliner nusantara. Maka datang dan manjakan lidah kalian di warung Mbah Mendes dengan seporsi mie lethek. Buat kalian yang mau berbagi info kuliner unik di daerah kamu atau di Yogyakarta bisa mention ke @angga_purenda atau email windudevina@gmail.com .Terima Kasih.


2 komentar:

  1. Terima kasih telah mampir ke warung kami dan juga terima kasih sudah membuat artikel yg bagus tentang warung mi lethek mbah mendes. Salam mi lethek...... www.mielethek.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Pak Hanung Sudibyono, terima kasih jg untuk mie letheknya yg enak...bikin kangen..haha,.wee gak nyangka mie lethek bisa masuk 10 besar BJM Reg. Yogyakarta...sukses terus buat mie lethek mbah mendes nya..:)

      Hapus

wibiya widget